Sunday, December 1, 2013

Adu Macan dan Munding (Kerbau Jawa) di Purwakarta


Pada Jaman Mataram semua wilayah kabupaten yang termasuk wilayah Mataram terdapat pusat kota yang disebut Alun-alun. Begitu juga di Purwakarta ada alun-alun yang disebut Alun-alun Kiansantang.

Alun-alun Purwakarta didirikan pada tahun 1845. Alun-alun merupakan tempat berkumpulnya orang-orang untuk mengadakan berbagai macam kegiatan. Jika pejabat pemerintahan ingin memngumumkan sebuah pengumumam maka diadakan di Alun-alun ini.

Di Alun-alun Kiansantang Purwakarta setiap taun masih ada kegiatan. Pada saat bulan Ramadhan banyak kegiatan seperti pameran dan bazaar yang diadakan di Alun-alun ini. Pada saat lebaran tiba banyak orang berdatangan ke Alun-alun tidak hanya orang tua tapi anak-anak juga pada berdatangan ke Alun-alun.

Di sekitar bulan Desember 1854, di Alun-alun Purwakarta pernah diadakan kegiatan mengadu Macan dan Munding (Kerbau Jawa). Beberapa Kerbau Jawa diadu dengan satu Macan. Kegiatan ini diadakan pada ajaman Bupati RAA Sastradiningrat I. Sepertinya  Adu Macan dan Kerbau Jawa ini diadakan untuk acara pembukaan Alun-alun yang baru di resmikan.

0 comments:

Post a Comment