Sunday, December 1, 2013

Lisung Tempat Menutu Padi

Lisung merupakan suatau alat yang digunakan untuk menutu padi (memisahkan padi dari cangkangnya). Lisung dibuat dari pohon yang besar dijadikan persegi seperti perahu untuk keperluan menutu padi. Panjangnya sampai dengan 2,5 m ada juga yang hanya 1,5 m, lebarnya kurang lebih 40 cm.

Di masyarakat Baduy ada tempat keramat yang disebut Arca Domas yang berada di sebalah selatan. Saung lisung pendiriannya mengahdap ke arah selatan sebab menurut riwayat pendirian saung lisung harus mengahdap selatan tidak boleh mengahadap utara dan membelakangi arah selatan karena di arah selatan terdapat tempat keramat, jadi tidak boleh membelakangi tempat keramat. Sedangankan didaerah lain mengahdapnya saung lisung bebas tidak ada aturannya.

Lisung dibuat oleh masyarakat dan digunakan untuk masyarakat. Banyaknya Lisung tergantung dari luasnya suatu wilayah masyarakat dan banyaknya masyarakat yang mendiaminya. Semua masyarakat boleh menggunakan Lisung ini. Yang menutu padi biasanya kaum wanita. 

Tempat Lisung bisanya di ujung kampung ada juga yang di dekat sawah atau di dekat kolam. Saung lisung menjadi tempat bermainnya anak-anak kecil, dan juga tempat bertemunya para remaja wanita dan laki-laki.

Pada saat prosesi menutu padi tidak hanya Lisung yang dipakai tetapi ada juga alat lainnya seperti halu, nyiru untuk memisahkan padi dengan cangkangnya. Kebanyakan yang datang ke Saung Lisung yaitu wanita yang bertujuan untuk menutu padi.

Pada jaman sekarang Lisung sudah hampir tidak dipakai lagi dan digantikan dengan mesin. Mesin yang sekarang jauh lebih cepat untuk memisahkan padi dengan cangkangnya.

Teknologi yang ada sekarang sudah merubah kehidupan sosial masyarakat yang tadinya menutu padi dilakukan oleh kaum wanita tetapi dengan adannya mesin sekarang ini menutu padi dilakukan oleh kaum laki-laki.

Lisung sekarang sudah berubah fungsi hanya untuk menjadi hiasan di rumah-rumah. Anak-anak sekarang sudah tidak mengenal lagi dengan yang namanya Lisung ini.

0 comments:

Post a Comment